Berdikari – Ekonomi Mandiri Jalan Keluar dari Krisis Keuangan Global

Krisis Finansial Global melanda Indonesia. Rupiah anjlok hingga Rp 12.500/dollar. Turunnya nilai rupiah terhadap dollar Amerika yang tengah bangkrut mengindikasikan krisis di Indonesia lebih parah daripada di AS.

Kenapa Indonesia bisa terkena krisis? Ini tak lepas dari kurang mandirinya bangsa Indonesia.

Boleh dikata sebagian besar SDA di Indonesia seperti minyak, gas, batubara, emas, dan sebagainya dikelola oleh perusahaan asing, khususnya AS. Perbankan Nasional seperti BCA dan Lippo juga dimiliki perusahaan asing. Sekitar 60% saham di BEI dipegang oleh asing.

Indonesia dalam pembangunan ekonominya sangat tidak mandiri. Sangat menggantungkan diri terhadap investor asing. Akibatnya begitu AS kena krisis dan para investor AS menarik uangnya, Indonesia nyaris tidak berdaya.

Oleh karena itu mari kita kembangkan ekonomi Indonesia yang mandiri. Tidak bergantung kepada investor asing. Kembangkan produk dalam negeri. Tanam padi dan jagung sendiri. Mari beli produk dalam negeri. Karena itu artinya anda membuka lapangan kerja untuk bangsa sendiri. Anda turut membantu rakyat Indonesia memberi nafkah bagi istri dan anak-anaknya.

Produk ekspor yang memakai bahan baku dari luar negeri dengan naiknya dollar AS juga terpukul. Oleh karena itu pemerintah bersama-sama pengusaha Nasional harus bekerjasama untuk membuat bahan baku yang dibutuhkan para eksportir kita di dalam negeri.

”Berdikari! Berdiri di atas kaki sendiri!” Begitu slogan bung Karno. Ayo kita wujudkan itu sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s