Pengadaan Jalur Sepeda di Jalan Raya Indonesia

Bike LaneSepeda adalah kendaraan hemat BBM karena tidak menggunakan BBM sama sekali. Kecepatan sepeda untuk pembalap profesional bisa mencapai 60 km/jam. Sementara untuk para pengemudi biasa bisa mencapai 20 km/jam. Oleh karena itu jika jarak rumah dengan kantor hanya sekitar 10 km, para pengemudi sepeda bisa mencapainya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Waktu itu cukup singkat mengingat lama perjalanan menuju kantor di Jakarta untuk jarak 10 km umumnya sekitar 1 jam.

Namun bersepeda di jalan raya cukup berbahaya. Para pengemudi sepeda bisa terserempet bis, mobil pribadi, dan bahkan sepeda motor. Akibatnya bisa fatal.

Untuk menjamin keselamatan pengemudi sepeda, beberapa negara di Eropa sudah membuat jalur khusus untuk sepeda. Jika negara maju dan kaya saja mau membuat jalur khusus untuk sepeda, harusnya negara Indonesia di mana kebanyakan rakyatnya tidak mampu beli mobil juga harus membuat jalur khusus untuk sepeda. Jika perlu, di jalan protokol seperti Thamrin dan Sudirman diadakan jalur khusus untuk sepeda.

Jalur ini lebarnya cukup 1-2 meter saja. Mudah-mudahan dengan adanya jalur khusus untuk sepeda, maka rakyat Indonesia bisa bebas bersepeda tanpa rasa takut ke kantornya.

http://b2w-indonesia.or.id/index.php/Forum/19-Bike-Lane-Clean-Air/12-bike-lane-sudah-ada.html

Jalur Sepeda di San Franciscohttp://www.greensboro-nc.gov/departments/GDOT/divisions/planning/bicycleandpedestrian/bicycles/gsosharestheroad/definitions.htm

2 Tanggapan

  1. Tks atas infonya. Semoga sukses.

  2. Trm ksh jg supportnya mohon doa dan dukungannya utk kami p i b trm ks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s