Apa Yang Salah Jika Obama Seorang Kulit Hitam dan Seorang Muslim?

Barack Obama(Congratulation, Selamat Atas Kemenangannya)

** Saya punya mimpi bahwa suatu hari kelak, keempat (4) anak saya dapat hidup dalam sebuah negara di mana mereka tidak akan dinilai berdasarkan warna kulit mereka, akan tetapi berdasarkan karakter yang mereka miliki (Dr. Martin Luther King Jr)

Menarik untuk ditelaah pernyataan yang dilontarkan oleh seorang Colin Powell warga kulit hitam AS pertama yang pernah menjadi Jenderal, Kepala Staff Gabungan Militer dan mantan Menteri Luar Negeri saat acara “Meet the Press” (19/10) di stasiun TV NBC, “Apa yang salah dengan menjadi muslim di negeri ini”? Yang kemudian menjadi Headline di beberapa media di Amerika.

Colin dengan terbuka memberikan dukungan kepada calon kandidat Presiden dari Partai Demokrat Barack Obama, hal ini menarik seperti kita ketahui selama ini Colin adalah pernah menjadi Panglima dan Menlu pada masa pemerintahan Presiden Bush dan Bush senior yang notebene orang Republik dan tak sepantasnya Colin ‘berkhianat’ dengan mendukung Obama yang berasal dari Partai Demokrat.

Hal ini dilakukan Colin melihat karena adanya pencitraan tema kampanye Partai Republik yang mengiring image Obama, khususnya kaum muslim di AS sebagai hal yang salah dan memparodikan nama Obama dan calon wakilnya John Biden sebagai “Obama bin Biden”. Pencitraan Obama sebagai Islam yang identik dengan teroris dan aksi-aksi kekerasan.

“Apa ada yang salah dengan menjadi seorang muslim di Negara ini”? Bagi saya jawaban yang benar adalah, bagaimana jika ia (Obama) memang muslim, apa ada yang salah?? Tidak itu bukan Amerika! (Colin Powell, mungkin apabila Obama menang akan ditarik menjadi salah satu Menteri Pertahanan atau Menlu pada kabinetnya). Saya pernah mendengar pernyataan pejabat Partai Republik yang berkata Muslim, ya Tuhan! itu adalah teroris!.

Obama yang masa kecilnya pernah tinggal di Indonesia dan sempat sekolah di Menteng Jakarta, dianggap “madrasah” karena Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, dan ayah Obama, Barack Hussein Obama adalah pernah menjadi Islam dikonotasikan seperti nama mantan Presiden Irak alm. Sadam ‘Husein’ tapi Obama sendiri sudah menyangkal dan menolak keras serta mengakui kalau ia adalah bukan seorang muslim. Dan tidak pernah mengatakan bahwa menjadi muslim bukanlah sebuah kejahatan. Hal mana sempat membuat marah muslim di AS. Banyak pihak menduga dukungan Colin tersebut hanya semata-mata karena lebih didasarkan solidaritas ras saja?

Cerita tersebut bukan terjadi di Indonesia tetapi di Amerika, negara yang mengagungkan Demokrasi, kesetaraan dan sering kali memaksakan asas demokrasi ke negara lain, bagaimana bila hal tersebut terjadi di sini, di Indonesia, negara yang mulai tumbuh menjadi negara demokrasi besar setelah Amerika dan India, akan tetapi saat ini malah mulai tumbuh bibit-bibit perpecahan yang berdasarkan latar belakang agama, ras dan etnis di banyak daerah.

Indonesia kini malah merasa mengalami kemunduran setelah dicetuskan para mahasiswa daerah yang berikrar ditahun 1908 melalui Sumpah Pemuda, ini tidak akan terjadi bila melihat suatu persoalan dari sudut pandang yang mengkotak-kotak-an, kedewasaan berfikir dan kearifan melihat permasalahan yang terjadi saat ini. DPR-RI saat ini sedang merumuskan Undang-Undang Anti Diskriminasi Etnis dan Ras mudah-mudahan produk anyar yang dibuat oleh DPR ini dapat segera selesai untuk menjawab hal diatas. (FS)

4 Tanggapan

  1. Obama islam? ya tidak mungkin jadi presiden amerika. Yahudi masih mungkin jadi presiden amerika
    Mungkin butuh waktu 2 – 3 generasi agar Presiden amerika beragama islam

  2. Iya pak Udin.
    Perlu waktu bagi AS untuk membuktikan bahwa mereka tidak rasialis dan diskriminatif.
    Mudah-mudahan itu cepat terwujud.

  3. Salam dari Bali…

    Ini sungguh blog yang bagus
    karena saya juga telah membuat web semacam ini
    yaitu http://www.forumprobali.org.

    Mari kita tingkatkan blog, web dan media 2 internet lainnya !!
    Selamat berjuang, dan Sukses selalu buat Bapak
    serta Indonesia yg memiliki Pemimpin2 baru dengan
    terobosan dan kwalitas IT

    sbgbali
    08563706775

  4. Mudah2an Obama islami kalau bukan disebut islam, islami itu bgmana, yaitu tarik pasukanya dr irak, dan kendalikan israel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s