Turunkan Harga Bensin dan Solar jadi Rp 4.000/liter Sekarang!

Harga minyak mentah di Pasar Komoditas NYMEX sudah mencapai US$ 42,7/barrel (http://www.nymex.com/index.aspx). Artinya jika biaya pengilangan, distribusi, marketing, dan keuntungan US$ 15/barrel (Lihat http://www.eia.doe.gov) harusnya dengan harga pasar bensin di Indonesia harganya hanya Rp 3.991/liter (1 barrel=159 liter dan 1 USD=Rp 11.000).

Oleh karena itu dengan menurunkan harga bensin di Rp 4.000/liter saja pemerintah sudah menjual bensin di atas harga pasar. Sudah tidak “disubsidi” lagi.

Saat ini banyak pengusaha angkutan umum yang bangkrut. Jumlah armada bis untuk tiap rute juga berkurang karena tingginya biaya bahan bakar.

Diperkirakan tahun 2009 akan ada 500 ribu pekerja yang diPHK karena perusahaan dan pabrik-pabrik sudah tidak mampu menahan biaya operasi yang tinggi.

Untuk mencegah itu, pemerintah harus segera menurunkan Bensin dan Solar ke harga Rp 4.000/liter.

Saat ini harga minyak Indonesia lebih mahal daripada harga minyak di AS. Oleh karena itu sudah tidak wajar lagi (lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Petrol_prices) . Terlampau mahal.

Selain itu ada baiknya pemerintah membentuk 2 BUMN lagi untuk mengurus minyak dan gas di Indonesia sehingga ada perbandingan apakah harga yang dipatok pemerintah wajar/tidak. Saat ini di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan asing kelas dunia seperti Chevron, Exxon-Mobil, Total, Conoco, dsb. Sementara Pertamina baru menguasai migas kurang dari 10%.

Oleh sebab itu ketimbang pemerintah mengeluarkan uang untuk membeli saham perusahaan swasta yang tidak jelas, lebih baik uang itu untuk membangun BUMN baru. Dana subsidi BBM yang tidak jadi terpakai karena turunnya harga minyak bisa dipakai untuk membuat BUMN migas baru.

Satu Tanggapan

  1. saya usul untuk memperkaya artikel ini supaya lebih komprehensif, agar penulis dapat juga memperhitungkan data rata-rata ICP (indonesian crude price) yang ditetapkan menteri ESDM. setahu saya ICP sampai akhir bulan november 2008 memang sudah sekitar US$50 per barel, namu rata-rata ICP januari-november 2008 masih di atas US$70 per barel. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s